Media Komunikasi

Pengertian Media Komunikasi

Komunikasi adalah proses yang menyangkut hubungan manusia dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa komunikasi manusia jadi terpisah dari lingkungan. Namun tanpa lingkungan komunikasi menjadi kegiatan yang tidak relevan. Dengan kata lain manusia berkomunikasi karena perlu mengadakan hubungan dengan lingkungannya. Dalam berkomunikasi,manusia tentunya memerlukan media komunikasi.

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi. Media komunikasi sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman keemasan ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita karena teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, mudah, murah, efektif dan efisien. Berbagi informasi antar Benua dan Negara di belahan dunia manapun semakin mudah.

Fungsi Media Komunikasi

a. Efektifitas: dengan media komunikasi mempermudah kelancaran penyampaian informasi.

b. Efisiensi: dengan menggunakan media komunikasi mempercepat penyampaian informasi.

c. Konkrit: dengan menggunakan media komunikasi membantu mempercepat isi pesan yang

bersifat abstrak.

d. Motivatif: dengan menggunakan media komunikasi lebih semangat melakukan komunikasi.

Jenis-jenis media komunikasi

Berdasarkan fungsinya :

a.Fungsi Produksi

Fungsi produksi adalah media komunikasi yang berguna untuk menghasilkan informasi contohnya: Komputer pengolah kata (Word Processor).

b.Fungsi reproduksi

Fungsi reproduksi adalah media komunikasi yang kegunaaanya untuk memproduksi ulang dan menggandakan informasi contohnya: Audio tapes recorder dan Video tapes.

c.Fungsi Penyampaian Informasi

Fungsi Penyampaian informasi adalah media komunikasi yang digunakan untuk komunikasi yang dipergunakan untuk menyebarluaskan dan menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasaran contohnya: Telephone,Faximile dll.

Berdasarkan Bentuknya :

a.Media Cetak

Media cetak adalah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan contohnya: surat kabar,brosur,bulletin dll.

b.Media Visual atau media pandang

Media visual adalah penerimaan pesan yang tersampaikan menggunakan indra penglihatan contohnya: Televisi,foto dll.

c.Media Audio

Media Audio adalah penerimaan pesan yang tersampaikan dengan menggunakan indra pendengaran contohnya: Radio, Tape recorder dll.

d.Media Audio Visual

Media audio visual adalah media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar jadi untuk mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indra penglihatan dan pendengaran sekaligus contohnya : Televisi dan Film.

Berdasarkan jangkauan penyebaran informasi

a. Media Komunikasi Eksternal

Ialah media komunikasi yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak luar.

Media komunikasi eksternal yang sering digunakan antara lain:

  • Media cetak

ialah media komunikasi tercetak atau tertulis dimaksudkan untuk menjangkau public eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja, dan sebagainya. Contohnya adalah makalah perusahaan, bulletin, brosur. Media eksternal cetak ini berfungsi sebagai :

- Media Penghubung;

- Sarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada kalayak

- Media Pendidikan

- Sarana membentuk opini public

- Sarana membangun citra

  • Radio

Radio adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi yang termasuk media audio yang hanya dapat memberikan rangsangan audio (pendengaran) saja. Melalui alat ini orang dapat mendengar siaran tentang berbagai peristiwa, kejadian penting dan baru, masalah-masalah dalam kehidupan serta acara hiburan yang menyenangkan.Bentuk radio sangat beragam tapi secara sederhana bisa dibagi kedalam dua bagian besar. Pertama radio sebagai alat penerima informasi yang kedua radio sebagai pemberi informasi.

Pengertian “Radio” menurut ensiklopedi Indonesia yaitu penyampaian informasi dengan pemanfaatan gelombang elektromagnetik bebas yang memiliki frequensi kurang dari 300 GHz (panjang gelombang lebih besar dari 1 mm).

Streaming adalah Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.

Dengan kata lain radio streaming adalah radio yang bisa didengarkan lewat internet.

Secara umum Radio mempunyai kegunaan:1. memperjelas pesan yang diterima.2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan auditori & kinestetiknya.5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.

  • TV

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.

Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.

Untuk menyampaikan pesan kepada public melalui televisi dapat ditempuh dengan memasang iklan, mengundang wartawan atau reporter televisi agar memuat berita tentang kegiatan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara.

  • Telepon

Sebagai media komunikasi, telepon sangat penting untuk menyampaikan dan menerima informasi lisan secara cepat dengan pihak public eksternal.

  • Handphone (Telephone Seluler)

Handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi dengan kecanggihan teknologi saat ini fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa tetapi juga dapat mengakses internet, sms, mms dan juga dapat saling mengirim data. Dengan semakin majunya teknologi handphone, maka semakin membantu masyarakat dalam melakukan segala aktivitas, karena handphone dapat dikatakan sebagai identitas seseorang.

Handphone sekarang sudah banyak dilengkapi oleh kecanggihan teknologi seperti :

· MMS: seperti pesan teks biasa, tetapi untuk MMS dapat melakukan pengiriman pesan

beserta gambar.

· 3G: Telepone dengan lawan bicara, tetapi bias dilakukan dengan cara tatap muka.

· GPRS: untuk internet, membuka email

  • Surat

Merupakan media penyampaian informasi secara tertulis, dapat berupa surat konvensional maupun surat elektronik. Surat menyurat merupakan salah satu kegiatan penting diperusahaan. Banyak informasi yang keluar masuk perusahaan melalui media surat, karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan

  • Internet

Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon ( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Internet merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. Internet banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampuan dalam menjangkau khalayak.
Keunggulan media komunikasi internet adalah:- Mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia- Tidak ada birokrasi baik secara teknis maupun non teknis- Tersebar di berbagai pelosok kota
Di dalam suatu jaringan internet menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh para user. seperti : Email, Chatting, dan web. Ketiga aplikasi ini yang sering digunakan dan di masa depan. Ketiga aplikasi ini merupakan replika dari hal yang sering digunakan di era pra- internet. Internet sering disebut sebagai komunikasi virtual, yang sering dipahami sebagai virtual reality. Akan tetapi masyarakat sering salah paham mengenai komunikasi virtual dan dianggap sebagai virtual reality pada ruang lingkup ( alam maya ) dengan menggunakan internet

b. Media Komunikasi Internal
Media komunikasi internal adalah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi dikalangan public internal dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang-orang public internal. Media yang digunakan secara internal antara lain seperti :
1. Telephone
2. Surat
3. Papan pengumuman
4. House jurnal (Majalah Bulanan)
5. Printed Material ( Media komunikasi dan Publikasi berupa barang cetakan)
6. Media Pertemuan dan pembicaraan.

 

MEDIA AUDIO

1. pengertian dan fungsi media audioMedia audio Menurut sadiman ( 2005:49 ) adalah media untuk menyampaikan pesan yangakan disampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal (kedalam kata – kata atau bahasa lisan ) maupun non verbal.Sedangkan menurut sudjana dan Rivai ( 2003 :129 ) media audio untuk pengajaran adalah bahan yang mengandung pesan dalam bentuk auditif ( pita suara atau piringan suara), yangdapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan sisiwa sehingga terjadi proses belajar mengajar.Pengembangan media audio sama halnya dengan pengembangan media lainnya, yang secaragaris besar meliputi kegiatan perencanaan, produksi dan evaluasi. Dalam perencanaanmeliputi kegiatan – kegiatan penentuan tujuan, menganalisis keadaan sasaran, penentuanmateri, format yang akan dipergunakan dan penulisan skrip. Sedangkan produksi adalahkegiatan perekaman bahan, sehingga seluruh program yang telah direncanakan dapat direkandalam pita suara atau piringan suara. Dan untuk evaluasi dimaksudkan sebagai kegiatanuntuk menilai program apakah program tersebut bisa dipakai apa tidak, atau perlu direvisi.Fungsi media audio menurut Arsyad ( 2003 : 44 ) beliau mengutip pendapat sudjana danRivai ( 1991 : 130 ) adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilanterutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran, yang dapatdicapai dengan media audio ialah berupa :a) Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian. b) Mengikuti pengarahanc) Melatih daya analisisd) Menentukan arti dan konteks.e) Memilah informasi dan gagasanf) Merangkum, mengingat kembali dan menggali informasiFungsi lain dari media audio adalah sebagi alat Bantu bagi para pendidik, karena sifatnyahanya sekedar membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan metode ataumedia lain, sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh pendengar yang akanmembantu keberhasilan.Selain itu juga sudjana (2005 : 129 ) menambahkan Pamamfaatan fungsi media audio dalam pengajaran terutama digunakan dalam:a. Pengajaran musik literaty (pembacaan sajak), dan kegiatan dokumentasi. b. Pengajaran bahasa asing, apakah secara audio ataupun secara audiovisual.c. Pengajaran melalui radio atau radio pendidikan.d. Paket-paket belajar untuk berbagai jenis materi, yang memungkinkan siswa dapat melatihdaya penafsirannya dalam suatu bidang studi.2. Macam – macam media audioContoh media Audio adalah radio, alat perekam pita, magnetik, piringan hitam,laboratorium bahasa.a. Radio pendidikanRadio pendidikan, Hamalik ( 1994 : 107 ) adalah suatu perlengkapan elektronik yangdiciptakan berkat kemajuan dalam teknologi modern. Fungsi radio pendidikan dalam pengajaran adalah untuk memperkaya pengalaman pendidikan dan ide – ide kreatif.Menurut Hamalik ( 1994 : 108 ) Nilai radio pendidikan dalam pengajaran adalah :1. Memberikan berita yang up to date dan beritanya autentik berdasar pada kenyataan.2. Mempunyai tinjauan yang luas dan memberikan gambaran yang jelas.3. Menarik minat4. Mendorong kreatifitas

5. Integrasi dan diskriminasi. b. Alat perekam pita• Rekaman pendidikan Menurut Hamalik ( 1994 : 99 ) rekaman penddikan berasal dari bahasa asing yaitu “recording” adalah sejenis alat audio. Rekaman adalah alat pembantu bagi pendidikan anak – anak. Dalam hal ini berarti rekaman berfungsi sebagai alat bantu guru.Sedangkan menurut Danim ( 1995 : 19 ) rekaman pendidikan adalah alat audio yang tidak diikuti dengan audio visual. Nilai rekaman dalam pendidikan Hamalik ( 1994 : 101 -102 ) adalah1. Rekaman dapat memberikan bermacam- macam bahan pelajaran dikelas2. Menjadikan pelajaran lebih kongkret, Bahan yang diperoleh asli3. Masyarakat dapat dibawa kedalam kelas melalui rekaman4. Mendorong berbagai kegiatan belajar serta motivasi belajar 5. Rekaman akan memberikan latihan6. Efisiensi dalam pengajaran bahasaSedangkan menurut Rivai ( 2005 :133 ) nilai dari rekaman seperti :a. Sebagai alat perespon dan evaluasi b. Rekaman dapat membantu melatih keterampilan berbicara dan pidato.c. Rekaman juga dapt dilakukan oleh sendiri sehingga siswa dapat mengevaluasi.• Rekaman audio-TapeDalam dunia pendidikan Rekaman audio-Tape Arsyad ( 2003 : 44) adalah isi pesan dan pelajaran yang dimaksudkan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauansiswa sebagai upaya mendukung terjadinya proses belajar. Materi rekaman audio- tapeadalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi tertentu.Jenis rekaman menurut Hamalik ( 1994 : 102 ) meliputi : rekaman musik, kesusastraan dandrama, studi sosial terutama sejarah, bahasa asing, bercakap – cakap dan olahraga.3. keuntungan dan kekurangan menggunakan media audioKeuntungan media audio, sadiman ( 2005 :50 ) :a. Harga murah dan variasi program lebih banyak daripada TV. b. Sifatnya mudah untuk dipindahkanc. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang ataudiputar kembali.d. Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan dayaimajinasi seperti menulis, menggambar dna sebagainya.e. Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa.Keuntungan lainnya dari media audio sadiman ( 2005 : 51 )a. Dapat menggantikan guru dengan lebih baik misalnya menghadirkan ahli dibidang –  bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar dapat digantikan. b. Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah dan metodis. Ini mengingatguru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.c. Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang actual itu dapatmemberikan kesegaran pada sebagian besar topic.d. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.Keuntungan media audio Arsyad ( 2003 : 45 ) adalah :a. Merupakan peralatan yang sangat murah dan lumrah sehingga mudah dijangkau olehmasyarakat b. Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga isi pesan dapat beradaditempat secara bersamaan.

c. Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian.d. Rekaman dapat digunakan sendiri oleh siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alatdiagnosis guna untuk membantu meningkatkan keterampilan membaca, mengaji dan berpidato.e. Dalam pengoprasiannya relatif sangat mudah.Keterbatasan media audio Arsyad( 2003 : 46 ) adalah :a. Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atauinformasi tersebut berada di tengah – tengah pita, maka akan memakan waktu yang lamauntuk menemukannya, apalagi jika radio-tape tidak memiliki angka- angka penentuan putaran. b. Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitanuntuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.Sedangkan menurut Rivai ( 2005 : 131 ) penggunaan media audio dalam dunia pengajaranmemiliki Kekurangan antara lain :a) Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertinnya harus didapat dengan cara belajar yang khusus. b) Media audio yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalahabstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.c) Karena abstrak, tingkatan pengertinnya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata–kata atau bahasa, serta susunan kalimat.d) media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyaikemampuan dalam berpikir abstrak.e) penampilan melalui ungkapaqn perasaan atau symbol analog lainnya dalm bentuk suaraharus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima. Bilatidak bisa terjadi ketidak mengertian dan bahkan kesalah pahaman.4. Cara penggunaan media audioDalam pembuatan atau penggunaan media ada beberapa peralatan pokok yang harusdiperhatikan diantaranya : mikrofon, alat perekam (recorder ), alat pemutar hasil rekaman( player), alat penyampur sumber suara (mixer) dan beberapa fasilitas lainnya yangdiperlukan. Rivai ( 2005 : 152 ).Langkah–langkah untuk mempersiapkan media audio Arsyad (2003:46 ) adalah :

¬

a) Mempersiapkan diri b) Mempersiapkan kesiapan siswac) Mendiskusikan membahas materi program audio.d) Mendengarkan materi audio yang akan dibahasSedangkan menurut sudjana ( 2005 : 130 ) langkah – langkah yang harus dipersiapkan dalammenggunakan media audio meliputi tiga hal yaitu :a. langkah persiapan meliputi : persiapan dalam merencanakan, memberikan pengarahanterhadap siswa mengenai ide – ide yang sulit, menentukan sasaran, periksa peralatan. b. Langkah penyajian meliputi : menyajikan waktu yang tepat, mengatur situasi ruangan, berikan motivasi untuk siswac. Tindak lanjut.Teknik penggunaan rekaman menurut Hamalik ( 1994 : 103 ) antara lain :

¬

a) Kelas harus dibawa kearah belajar mendengarkan rekaman secara aktif  b) Guru hendaknya mengenal dan memahami rekaman tersebutc) Menguasai penggunaan rekaman dan cakap mempergunakan rekaman dalam belajar d) Kegiatan lanjutan

¬

Teknik dalam perekaman radio pendidikan sudjana ( 2005: 139 ), mengusulkan hal – halyang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :


a. pilih subjek atau tema yang menarik dan mengundang perhatian mereka. b. Tentukan garis- garis besar cerita atau membuat synopsis.c. Tentukan pemain, pelaku, penangungjawab dan sebagainya.d. Adakan latihan diluar studio untuk melatih penjiwaan mereka.e. Pilih sound effect yang sesuai, kemudian coba rekam dan adakan revisi.5. Evalusi penilaian hasil dari media audioUntuk mengukur atau mengevaluasi sejauh mana perkembangan kemampuan siswamendengar, memahami, dan menghargai materi audio antara lain :1. Dengan memberikan tugas untuk mendengar rekaman kuliah atau pidato, siswa disuruhmengajukan pertanyaan atas apa yang didengarnya2. Untuk mendengarkan sebuah drama yang belum dikenal siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi berbagai unsur seperti pembicara, waktu, peristiwa dan gasan – gagasan3. Untuk drama atau pidato kuliah, mintalah siswa secara kritis untuk mengevaluasi gagasan, pengucapan bicara, ekspresi dan aspek lainnya.4. Dengarkan sebuah cerita atau masalah dan hentikan cerita sebelum berakhir, kemudianminta siswa untuk mengungkapkan akhir bagaimana akhir dari cerita atau masalah tersebutmenurut versi mereka sendiri

BAB IVKESIMPULAN

Berdasarkan hasil laporan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut :1. SMA Nugraha merupakan sekolah swasta yang baru mendapatkan akreditasi “B” dariBAN, oleh karena itu dalam pengembangan medianya masih sangat sederhana dalam masa peningkatan.2. SMA nugraha memiliki fasilitas yang sangat sederhana sekali mulai dari alat – alat untuk laboratorium yang digunakan oleh anak – anak IPA meskipun terbatas karena tidak memilikiruangan khusus laboratorium. Sedangkan untuk pengembangan komputer sudah memilikiruangan sendiri.3. Untuk pengembangan media pengajaran agama masih menggunakan media dan metodeyang biasa digunakan akan tetapi untuk tahun depan pelajaran agama ini akan dilakukan peningkatan dengan menerjunkan langsung siswa untuk materi - materi tertentu.4. Untuk pengembangan media selanjutnya SMA nugraha ini berusaha terus untuk meningkatkan pendidikannya mulai dari para guru dalam memberikan pelajarannya dansmua staff yang berada disekolah ini.Sedangkan untuk kesimpulan dari mata kuliah media pembelajaran yaitu :1. Media adalah Segala sesuatu yang digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian perhatian siswa sehingga mendorong proses belajar mengajar.2. Jenis Media yaitu : Interaksi Insani, Realita1. Pictoria2. Simbol Tertulis3. Rekaman yang digunakanKriteria pemilihan mediaTujuanSesuaikemampuan

 

seorang guruSesuaikematangan peserta didik a. Efektifitas dan efisiensinyasesuaidengan situasi dan kondisi peranan Mediaa. Menjelaskan penhyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indraMasyarakat adalah tempat orang-orang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaanMasyarakat berfungsi sebagai penerus budaya dari generasi kegenerasi secara dinamis sesuaisituasi dan kondisi serta kebutuhan masyarakat, melalui pendidikan dan interaksi sosial.Grafik adalah keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data data yang tersusundengan baik. Untuk memperhatikan perbandingan, informasi, kualitatif dengan cepat sertasederhana.Chart / Baganfungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanyadi sampaikan secara tertulis atau lisan secara visualDiagramSuatu gambar sederhana yang mengunakan garis garis dan symbol- symbol, diagrammengabarkan struktur dari objek secara garis besar.kartunadalah penggabaran dalam bentuk lukisan dan karikatur tentang orang, gagasan atau situasiyang didisain untuk mempengaruhi opuini masyarakat.. Still Picture ( gambar diam )adalah Gambaran di peroleh dari berbagai sumber, surat-surat kabar, majalah-majalah, brosur-brosur, dan buku-buku ,gambar, lukisan kartun, ilustrasi, foto membantu mendorong para siswa dan dapat membangkit kan semangatnya pada pelajaran, membantu merekadalam mengebangkan kemampuan berbahasa, kegiatan seni, dan pernyataan kreatif dan berceritaMedia audio• adalah banyak media untuk menyampaikan pesan yang akan di sampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal ( kedalam kata-kata atau bahasa lisan ) maupunverbal.Fungsi media audio• untuk melewati segala kegiatan perkembangan keterampilan terutama yang berhubungandengan aspek – aspek keterampilan pendengaran.Film Merupakan gambar dalam frame demi frame di proyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehinga pada layer terlihat gambar itu hidup. Video sebagai media audiovisual yang menampilkan gerak.8. TelevisiTelivisi pendidikan adalah penggunaan progam video yang di rencanakan untuk mencapaitujuan pengajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya.Komputer adalah suatu alat yang dapat menerima informasi, melaksanakan produser  pemerosesan terhadap informasi tersebut, pada dasarnya alat komputer punya tiga fungsi pokok, yakni fungsi penerimaan informasi, fungsi pemprosesan informasi dan fungsi...

2 comments:

  1. Kk mau tnya dong. Ini sumbernya dri buku apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari buku teknologi informasi . Cuma saya lupa nama bukunya kak .

      Delete